Mengulik Sejarah di Film Karet 1947

Kadet 1947 merupakan sebuah film aksi Indonesia di tahun 2020 yang disutradarai serta ditulis olehAldo Swastia dan Rahabi Mandra dan diproduksi oleh Temata, Screenplay Films, dan LegacyPictures. Film ini diproduksi dengan berkolaborasi bersama rumah produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini mengisahkan perjuangan dari para kadet ataupun siswa angkatan udara (taruna) tengah menjalankan aksi pengeboman pertama mereka dalam upaya untuk mempertahankan keutuhan kemerdekaan bangsa saat Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947.

Kadet 1947 terinspirasi dari sebuah kisah heroik dari 7 orang kadet (pelajar sekolah calon perwira) melakukan aksi pengeboman di salatiga, Semarang, dan Ambarawa bertujuan menghancurkan kantor militer milik Belanda pada 29 Juli 1947.Dan film diproduksi Temata Studios, Screenplay Films dan Legacy Pictures satu ini juga menceritakan sejarah Indonesia selama ini belum diceritakan di buku pelajaran sekolah.

Film kadet 1947 awalnya dirilis dalam rangka untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan negara Indonesia, tapi dengan adanya pandemi COVID-19, maka peluncurannya pun ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

1. Perjuangan 7 pemuda di kadet 1947

Saat Belanda memulai agresi II pada Indonesia untuk mendapat kembali kekuasaannya sesudah Perang Dunia II, dimana sekelompok kadet muda belum berpengalaman berupaya mempertahankan pangkalan udara masih tersisa untuk membela negara agar bisa membantu Indonesia memenangkan perang.

Perjalanan ke-7 orang pemuda ini menggambarkan keberanian dan potensi  para pemuda untuk memberikan serangan udara terhadap tentara Belanda dibeberapa wilayah yang diduduki kala itu, Semarang dan Ambarawa. Dengan berbagai keterbatasan senjata dan peralatan, mereka berhasil melakukan serangan balik kepada Agresi Militer Belanda I pasca-pelanggaran perjanjian Linggarjati dari pihak Belanda.

2. Usaha pembuatan kadet 1947

Film kadet 1947 ini disutradarai oleh Aldo Swastia dan Rahabi Mandra. Menurut Rahabi, ada tantangan terbesar dalam pembuatan “Kadet 1947” yaitu membuat ceritanya terhubung sesuai kisah aslinya. Karena, didalamnya disisipi sisi drama untuk bisa menghibur penonton.

Film ini juga mendapatkan dukungan dari pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya dari AU (Angkatan Udara), sebab cerita di film tersebut terinspirasi dari sejarah TNI AU namun belum banyak diketahui oleh masyarakat umumnya.

Sedangkan aktor muda yang didapuk untuk jadi tokoh kadet seperti Wafda Saifan, Baskara Mahendra, Kevin Julio, Chicco Kurniawan, Ajil Ditto, Samo Rafael dan Fajar Nugra. Serta ada juga  pemain lainnya seperti Ibnu Jamil, Lutesha, Mike Lucock, Ario Bayu, Indra Paciq dan lainnya. Untuk peluncuran film “Kadet 1947” pada awalnya direncanakan di bulan Agustus 2020 memeriahkan  Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. Tapi, proses produksinya yang dimulai sejak Maret 2020 tersebut mengalami penundaan jadwal tayanglantaran hingga saat ini pandemik COVID-19 masih merebak di Indonesia.

Belum ada kabar lebih lanjut untuk kepastian kapan tepatnya KADET 1947 ini akan diluncurkan. Tetapi yang jelas, penyebaran wabah Covid-19  tersebut terjadi bertepatan pada hari pertama proses penggarapan syuting film ini.

Dikabarkan kru dan para pemain pun langsung segera menerapkan protokol kesehatan togel hk 2020 untuk mengantisipasi penyebaran wabah di lokasi syuting. Tapi, demi adanya kebaikan bersama, sehingga akhirnya diputuskan untuk menunda kegiatan proses syuting yang sedang berlangsung.

Menantikan film Indonesia dengan tema yang berbeda seperti kisah sejarah dari prajurit TNI di film kadet 1947, tentu menjadi warna baru di dunia hiburan tanah air. Namun Sayangnya harus mengalami penundaan akibat adanya pandemik covid 19, sehingga para penonton diminta untuk bersabar menyaksikan film tersebut.

Dengan label: