Kasus Habib Bahar bin Smith Terkait Ujaran Kebencian

Kasus Habib Bahar bin Smith Terkait Ujaran Kebencian

Kasus Habib Bahar bin Smith Terkait Ujaran Kebencian, Seorang penceramah yang berasal dari daerah Manado, Yaitu Habib Bahar bin Smith atau yang dikenal juga dengan Habib Bahar.

Saat ini tengah menghadapi masalah yang membuatnya harus terlibat dengan kepolisian terkait kasus ujaran kebencian. Habib bahar dilaporkan karena beredarnya sebuah video melalui sosial media,

dimana dalam video tersebut Habib Bahar berceramah namun terdapat unsur ujaran kebencian di dalamnya.

Kasus Habib Bahar bin Smith Dilaporkan Oleh Ketua Umum Cyber Indonesia ke Kepolisian

Pada hari Rabu tepatnya tanggal 28 November 2018 lalu, Habib Bahar terpaksa berurusan dengan polisi. Beredarnya sebuah video ceramah yang mengandung ujaran kebencian.

Di dalamnya dan di alamatkan kepada orang no.1 Indonesia Presiden Jokowi.Video ceramah itu dengan cepat menjadi viral di masyarakat.

Didalam video ceramah tersebut Habib Bahar menyebut Presiden banci dan pengkhianat rakyat dan negara.

Atas perbuatannya tersebut, ketua Umum Cyber Indonesia yaitu Muanas Alaidid melaporkan Habib Bahar ke polisi.

Bahkan Muanas Alaidid juga turut membawa dua orang saksi bandar togel hongkong yang merupakan politisi PSI yaitu Muhammad Guntur Romli dan Aulia Fahmi.

Tidak hanya Cyber Indonesia saja yang melaporkan, tetapi juga Sekertaris Jendral Jokowi Mania juga turut melaporkan Habib Bahar dengan kasus yang serupa.

Kasus Habib Bahar bin Smith Mangkir Saat Dipanggil Badan Reserse Kriminal Khusus Mabes Polri

Pada tanggal 03 Desember 2018, Habib Bahar berhalangan hadir dalam memenuhi panggilan Badan Reserse Kriminal Khusus Mabes Polri.

Habib Bahar akan dijadwalkan dipanggil kembali pada hari Kamis 6 Desember 2018 terkait kasus dugaan penghinaan atau ujaran kebencian terhadap Presiden Republik Indonesia Jokowi.

Surat pemanggilan kedua pun telah dilayangkan kepada Habib Bahar.

“Yang terima surat panggilan itu adik beliau. Kami panggil lagi sebagai saksi untuk diperiksa pada kamis, 6 Desember 2018 mendatang,:

Ucap Kepala Bagian Penerangan Umum Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan pada hari Senin, 3 Desember 2018.

Alasan mengapa Habib Bahar tidak menghadiri dan memenuhi panggilan guna pemeriksaan polisi adalah karena Habib Bahar baru menerima surat pemberitahuan pemanggilan dirinya pada sore hari.

“Surat baru sampai tadi jam 4 sore,” Ucap Habib Bahar melalui sebuah pesan singkat. Habib Bahar bin Smith akan melakukan proses pemeriksaan terkait dua laporan yang ditujukan padanya.

Kasus Habib Bahar bin Smith Terkait Ujaran Kebencian

Kedua laporan tersebut ada di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri. Laporan yang ada pada Direktorat Reserse.

Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, disebutkan bahwa Habib Bahar dilaporkan oleh seorang calon Legislatif dari sebuah partai bernama Partai Solidaritas Indonesia.

Atau PSI Muanas Alaidid yang tercatat dengan nomor TBL/6519/XI:2018/PMJ/Ditreskrimsus pada tanggal 28 November 2018 yang lalu.

Sedangkan laporan yang tercatat pada Bareskrim Polri dibuat oleh La Komaruddin dengan nomor LP/B/1551/XI/2018/Bareskrim pada tanggal yang sama, 28 November 2018.

Video yang juga merupakan barang bukti yang digunakan para pelapor di dalamnya.

Habib Bahar menyinggung Jokowi ketika sedang mengisi salah satu acara dalam rangka Maulid Nabi yang diselenggarakan di Darussalam Satu, Batuceper, Tanggerang, Banten pada 17 November 2018 lalu.

Didalam video transkrip yang berdurasi 60 detik itu menyebutkan dengan jelas bahwa Habib Bahar mengatakan hal-hal yang kurang pantas terhadap Jokowi.

“Pengkhianat bangsa, pengkhianat negara, pengkhianat rakyat kamu Jokowi!”

Habib Bahar diduga melanggar Undang-Undang pasal 28 ayat (2), pasal 45 A ayat 2 Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2018 tentang  perubahan UU No. 11

Tahun 2008 tentang ITE serta pasal 16 UU EI No. 40 tahun 2008 soal penghapusan diskriminasi ras dan etnis juga pasal 207 KUHP dengan mendapat ancaman penjara lebih dari 5 tahun penjara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*